Selasa, 26 Oktober 2021

Tips Pemasaran Media Sosial untuk Bisnis

Dalam suasana bisnis saat ini, tidak beradaptasi dengan tren saat ini seperti media sosial dapat membuat perusahaan terlihat ketinggalan jaman dan ketinggalan zaman. Realitas dasarnya adalah bahwa klien

saat ini akan bergantung pada jalur media sosial untuk menemukan produk atau layanan Anda, dan akan mengharapkan perusahaan Anda untuk membuat dirinya tersedia melalui jalur tersebut. Jika Anda tidak 

membuat diri Anda tersedia, peluang dapat terlewatkan dan pesaing Anda akan mengandalkan ketidakhadiran Anda. Selain itu, kurangnya partisipasi melalui media ini tidak akan memungkinkan Anda membuat web informasi yang diandalkan oleh mesin pencari untuk memberikan hasil yang lebih baik untuk setiap hasil pencarian.

Hubungan Media Sosial dan Mesin Pencari

Selama bertahun-tahun, tren umum di antara mesin pencari adalah memberikan hasil pencarian real-time yang lebih baik. Akibat tuntutan untuk mencari informasi yang paling up to date, mesin pencari mulai mengindeks situs web seperti Facebook, Twitter, dan LinkedIn. Tidaklah sulit untuk melihat ramalan di cakrawala; situs web media sosial akan memiliki dampak yang lebih besar dalam memungkinkan klien Anda menemukan Anda terlebih dahulu saat mencari produk atau layanan Anda di mesin pencari apa pun. Hari ini adalah waktu yang tepat untuk mulai terlibat dalam percakapan yang sudah berlangsung. Menunggu lebih lama untuk menyusun strategi yang komprehensif hanya akan memberdayakan pesaing Anda.

Prakiraan Media Sosial

Menurut Forrester Research's US Online Retail Forecast untuk tahun 2008 - 2013, penjualan ritel online diharapkan tumbuh pada tingkat pertumbuhan tahunan gabungan sebesar 10% untuk mencapai $229 miliar pada tahun 2013. Pasar besar ini menyoroti pentingnya berpartisipasi dalam pasar online, karena terdiri dari sejumlah besar konsumen. Karena semakin banyak konsumen ini yang terus beradaptasi dengan pasar virtual ini, potensi penjualan online terus tumbuh. Selain itu, penelitian Forrester Media informasi terupdate menemukan bahwa konsumen online pada umumnya cenderung tidak terpengaruh secara negatif oleh iklim ekonomi yang kita alami saat ini, memungkinkan lebih banyak stabilitas bagi perusahaan yang telah mengalihkan sebagian besar upaya pemasaran dan penjualan mereka ke platform online.

Karena resesi terus berlanjut dan kepercayaan konsumen tetap rendah, Forrester menemukan bahwa pada tahun 2013, 33% pengguna online akan melakukan lebih banyak penelitian untuk menemukan harga yang paling kompetitif, dan menunjukkan peningkatan besar dalam belanja perbandingan. Penelitian yang disajikan dalam laporan ini menunjukkan bahwa konsumen tidak hanya mencari penawaran terbaik, tetapi juga melakukan belanja yang lebih bertarget, sekaligus mengurangi pembelian impulsif. Selain itu, 54% penjualan offline akan dipengaruhi oleh riset online. Informasi ini membuat sangat jelas bahwa investasi dalam pemasaran online adalah investasi yang akan memungkinkan perusahaan untuk terus tumbuh, meskipun ekonomi buruk.

Facebook sendiri mengklaim 500 juta anggota aktif, menurut statistik di situs web mereka. 100 juta anggota secara aktif menggunakan LinkedIn sesuai dengan situs web mereka. Dengan hadir di situs ini dan situs serupa dan dengan memanfaatkannya untuk menemukan dan berkomunikasi dengan audiens target Anda, Anda akan mulai memposisikan diri Anda sebagai bisnis modern, yang pasarnya cukup penting bagi Anda untuk berkomunikasi.

Berkomunikasi di situs media sosial akan membutuhkan strategi yang tepat untuk memastikan upaya Anda akan bermanfaat dan akan memastikan bahwa setiap tweet, posting, pembaruan, dan komentar sesuai dengan pedoman merek Anda. Anda ingin memastikan bahwa strategi yang Anda terapkan akan menempatkan Anda pada posisi terbaik untuk berkembang secara online, dan akan membantu Anda menghindari jebakan yang dapat berdampak negatif pada perusahaan Anda.

Saat melakukan diri Anda dalam pengaturan media sosial, pastikan untuk:

Integrasikan Upaya Pemasaran Anda yang Ada

Dengan mengintegrasikan upaya pemasaran Anda, Anda akan memastikan bahwa pesan Anda tetap konsisten di berbagai situs yang Anda ikuti. Anda juga akan dapat menghemat waktu dengan mengurangi berapa kali Anda harus mengunjungi setiap situs. Solusi ideal akan memungkinkan Anda memposting secara otomatis ke berbagai situs dengan pekerjaan minimal.

Tetap Profesional Setiap Saat

Sifat media sosial mendorong pengaturan informal untuk berkomunikasi. Penting bagi setiap karyawan untuk memahami bahwa perilaku online mereka mencerminkan perusahaan. Karyawan harus menikmati kenyataan bahwa mereka adalah seorang profesional dan harus berperilaku dengan cara yang menyenangkan, tetapi profesional.

Gunakan platform media sosial untuk meningkatkan penelitian dan untuk mendapatkan wawasan tentang pasar dan tren pasar.

Dengan penggunaan alat yang tersedia, termasuk grup minat umum, halaman penggemar, dan Google Alerts, Anda bisa mendapatkan wawasan tentang apa yang dikatakan orang tentang industri Anda. Gunakan informasi yang Anda kumpulkan untuk mengembangkan jalan dan solusi baru agar menjadi yang terdepan dalam pembangunan.

Terlibat Dengan Audiens Anda

Tidak masuk akal untuk membuat platform ini tanpa menggunakannya untuk berkomunikasi dan terlibat dengan audiens Anda. Pastikan untuk menilai sumber daya Anda untuk menghindari meregangkan sumber daya Anda terlalu tipis, dan hanya mendedikasikan upaya Anda ke situs-situs di mana Anda akan dapat berpartisipasi secara rutin.

Menjadi Pemimpin Industri

Sadarilah bahwa setiap komunikasi yang Anda tambahkan ke percakapan harus dipikirkan dengan baik, dan masing-masing harus membuat Anda selangkah lebih dekat untuk menjadi pemimpin di bidang Anda. Ini akan dicapai dengan menambahkan konten berkualitas, dan dengan konsisten dalam pesan positif Anda.

Jangan Memberi Terlalu Banyak

Simpan informasi paling berharga untuk klien Anda yang membayar. Jika Anda memberikan terlalu banyak informasi, koneksi Anda tidak perlu lagi membeli layanan Anda. Selain itu, tidak adil bagi mereka yang sudah membayar informasi yang mungkin Anda berikan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar