Selasa, 28 Februari 2023

Apa Itu Pemasaran Internet?

Saat mencari teknik pemasaran yang baru dan terbukti untuk mempromosikan bisnis Anda, meningkatkan penjualan, atau memperluas klien Anda, hampir pasti Anda akan menemukan istilah 

"Pemasaran Internet". Jika Anda tidak tahu apa yang tercakup di entitas sebesar World Wide Web, Anda tidak sendirian. Konsep yang lebih membingungkan adalah fakta bahwa, tergantung pada siapa Anda bertanya, jawabannya bisa sangat bervariasi. Dan mereka mungkin baik-baik saja.

Singkatnya, Pemasaran Internet adalah perpaduan luas alat dan komponen online yang dapat digunakan oleh bisnis atau individu untuk memasarkan diri mereka sendiri dan memenuhi tujuan bisnis mereka. Alat dan komponen ini mencakup keberadaan web Anda (situs web), media sosial, pemasaran email, pemasaran mesin telusur, blogging, hubungan masyarakat dan media berita online, etalase virtual, dan iklan online.

Meskipun terserah Anda untuk memutuskan bagaimana solusi pemasaran internet akan sesuai dengan tujuan bisnis dan strategi pemasaran Anda, penting untuk menyadari semakin pentingnya pemasaran internet bermain di pasar global. Pelanggan Anda sedang online dan mereka mengharapkan Anda juga. Mereka sering meneliti produk atau layanan yang Anda tawarkan secara online, melibatkan konsumen lain di forum online, atau bahkan membeli secara online tanpa menghubungi salah satu bisnis yang menawarkan apa yang mereka cari. Jika Anda tidak memasarkan secara online, Anda kehilangan bisnis dari perusahaan yang ada. Faktanya, pemasaran internet sangat efektif sehingga banyak perusahaan hanya memanfaatkan media ini.

Bagian terpenting dari pemasaran internet adalah keberadaan online Anda sendiri - situs web Anda. Jika Anda akan memasarkan melalui saluran online lainnya, Anda memerlukan situs web yang dirancang dengan baik dan informatif yang akan mendorong penjualan dan menyoroti pesan utama Anda untuk menghubungkan kembali audiens target Anda. Ledakan email atau iklan spanduk tidak akan berguna bagi Anda jika pelanggan Anda tidak dapat pergi ke mana pun untuk mendapatkan informasi lebih lanjut. Jadi jadikan situs web yang kuat sebagai prioritas utama Anda dalam pemasaran online sukses.

Setelah itu, kemungkinan terbuka dan Anda perlu mempelajari saluran online yang tersedia dan mencocokkannya dengan tujuan pemasaran Anda.

Jika sasaran Anda adalah meningkatkan lalu lintas web dan menghasilkan prospek, pemasaran mesin telusur (SEM) dan periklanan online kemungkinan adalah alat yang paling efektif. Pemasaran mesin pencari mempromosikan situs web Anda melalui mesin pencari populer seperti Google, Bing, dan Sympatico. Cara paling efektif untuk menggunakan SEM adalah dengan meningkatkan peringkat pencarian Anda melalui prinsip-prinsip optimisasi mesin pencari (SEO) seperti domain dan konten kaya kata kunci, tautan balik yang kuat, dan tag judul yang bagus. Cara lain untuk menggunakan SEM secara efektif adalah dengan menggunakan layanan iklan bayar per klik (PPC) seperti Google AdWords, atau layanan bayar untuk penyertaan (PFI) yang akan mencantumkan bisnis Anda di direktori online.

Jika tujuan Anda adalah membangun hubungan jangka panjang dengan pelanggan dan jaringan di industri Anda, media sosial adalah alat pemasaran internet yang berkembang pesat dan populer. Jaringan seperti Facebook, Twitter, Linked In, dan MySpace memungkinkan Anda berbagi konten berharga dengan jaringan Anda dan memulai percakapan dua arah secara real-time dengan audiens target Anda. Ini sangat berharga saat Anda ingin membangun kepercayaan dan kredibilitas atau saat Anda mencari umpan balik tentang produk atau ide baru. Ini juga memungkinkan Anda untuk mengikuti penggerak dan pengocok yang memimpin dalam industri Anda. Blogging juga merupakan alat yang efektif untuk tujuan pemasaran membangun hubungan karena memungkinkan Anda menghasilkan dan berbagi informasi berharga dengan target pasar Anda dan mengarahkan mereka kembali ke situs web Anda jika mereka menyukai apa yang mereka baca.

Jika tujuan pemasaran Anda berkisar pada mengumumkan berita menarik atau menyoroti produk dan inovasi baru, alat seperti pemasaran email dan hubungan masyarakat online dapat sangat menguntungkan bisnis Anda. Untuk pemasaran email, Anda dapat membuat daftar pemasaran melalui situs web dan opt-in tempat pembelian, atau Anda dapat membeli daftar pemasaran elektronik melalui banyak organisasi riset konsumen atau bahkan kamar dagang atau dewan pariwisata setempat. Gunakan ledakan email (e-blast) untuk mengumumkan berita, mempromosikan kontes, atau membuat rekomendasi produk/layanan. Pastikan Anda menggunakan e-blast dengan hemat atau Anda berisiko berakhir di tempat sampah pelanggan. Tidak ada yang ingin dibombardir dengan pemasaran email. Untuk pengumuman, pertimbangkan juga untuk menggunakan siaran pers online dan layanan berita untuk menyebarkan berita.

Internet telah membuat pencapaian pasar sasaran Anda menjadi jauh lebih mudah dan memiliki banyak saluran yang tersedia untuk digunakan dalam strategi pemasaran apa pun. Saat mengembangkan rencana pemasaran internet Anda, jangan pernah melupakan apa yang ingin Anda capai untuk memastikan bahwa Anda tidak membuang waktu atau uang yang berharga untuk strategi yang tidak akan mencapai apa yang Anda inginkan. Terapkan strategi online yang tepat, dan Anda akan dapat duduk santai dan melihat bisnis Anda berkembang. Dan itulah pemasaran internet sebenarnya.

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar